Jumat, 06 Maret 2015

Manufacturing Defect Rate (MDR) dan penghitungan PPM (parts per million)

Halo sobat bosgentongs,

Jumpa lagi dengan kite kite yang lagi lagi bahas tenang quality, Quality memang nomor satu pokoknya, Customer is number one. Tak heran kata peribahasa Pembeli adalah raja yang selalu melekat di benakku sebagai QC. 

Dalam sistim manufaktur ada bagian yang di sebut dengan MDR (manufacturing defect rate) atau juga sering disebut dengan PDR (product defect rate). MDR ini merupakan suatu Jumlah kesalahan/kecacatan pada suatu product, yang tidak sesuai dengan spesifikasi produk tersebut di dalam proses manufakturing saja (tidak termasuk defek yang ditemukan konsumen). Biasanya MDR di hittung dengan satuan ppm. Lah noh apa lagi itu PPM??

PPM (Parts per Milion) adalah suatu ukuran yang digunakan oleh konsumen/pembeli untuk mengukur dari performance Quality. Jadi intinya 1 ppm berarti 1 defek atau kesalahan dalam 1.000.000 atau 1/1.000.000. Di masal lampau, manufaktur yang bagus seharusnya memiliki defek rate kurang dari 1% (10.000 PPM). Tetapi dengan berkembangnya teknologi, prosedur dari produksi dan kontrol quality yang terus maju maka ditingkatkan ke defek rate 0.1% yang artinya 1.000 PPM 

Contoh kasus, Manufaktur pembuat permen. Dalam 1 box permen berisi 1.000 pcs permen terdapat 3 biji dengan bungkus yang kosong. berarti MDR PPMnya sebagai berikut: MDR (ppm) = (3/1.000)x1.000.000=3.000 ppm 

 Berarti contoh kasus di atas MDR tergolong tinggi dan manufaktur harus mengambil action yang cepat untuk menanggulagi kasus tersebut, Misalnya menggunakan deteksi berat menggunakan timbangan setiap 1 pack permen.

  System Cacad 

 So Itulah ringkasan singkat tentang MDR maupun PPM, kalau ada yang bingung atau di tanyakan silahkan tulis d komentar ya guys Keep Spiritttt.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Bila Ada Link Error Laporkan di Sini!
Jangan Lupa Kritik dan Sarannya Yah, Tanya Juga Boleh, Keep Fordward to the Future!